Rabu, 28 Oktober 2009

Pendidikan rumah untuk anak Balita

Dari imelnya Mba Dina di milis Fahima (arigatou!!), catetan biar ngga lupa..

Kurikulum HS Anak Usia TK
http://notesdina. wordpress. com/2009/ 07/30/kurikulum- hs-anak-usia- tk/

Tolong! Adakah yang punya kurikulum mingguan homeschool untuk anak usia TK?

Begitu bunyi pertanyaan seorang anggota milis HSC.

Jawaban pertama: TK bukan kewajiban di California. Jadi nggak perlu melakukan apapun. Saya pikir anak 5 tahun perlu belajar dengan cara bermain-main dan membaca buku dengan orang tuanya, bermain, memasak, bepergian, bermain, bermain, dan bermain. Saya sendiri tidak akan membuat jadwal apapun. Akan banyak masa saat anak kita punya jadwal, jadi saya rasa tahun-tahun yang pendek inilah saat untuk membiarkan anak tetap sebagai anak. Jadwal anak umur 5 tahun: tidur, makan, bermain, membaca, memasak, bermain, membaca, jalan-jalan, bermain, tidur siang, makan, bermain, bermain, membaca, mandi (dan bermain-main dengan air), membaca, tidur.

Jawaban kedua: Keluarga kami tidak punya banyak jadwal, tapi kami punya rutinitas: bangun, berpelukan, makan pagi, beres-beres, membaca, dll. Mungkin Anda bisa membuat rencana seperti ini. September: memanen sayur-sayuran dari kebun sendiri, mengumpulkan dedaunan yang indah, memandangi daun yang ditiup angin. Oktober: berhujan-hujan, membersihkan daun yang berguguran, terjun ke tumpukan daun, membuat kue pai dari lumpur, membuat minuman cokelat panas, membuat kue. Saya bisa memerinci pelajaran yang didapat dari aktivitas-aktivitas tersebut, tetapi hal itu akan merampas kesenangan yang Anda rasakan bersama anak.

Jawaban ketiga: Setuju dengan jawaban-jawaban di atas. Saran saya: pergilah ke perpustakaan seminggu sekali dan bacakan buku-buku baru kepada anak Anda, baik buku fiksi maupun nonfiksi. Atau pinjamlah CD musik di perpustakaan, putarlah sebagai musik latar saat anak berkreasi dengan seni (kertas, lem, malam, pensil warna, krayon). Yang paling penting adalah kehadiran orang tua untuk menjawab pertanyaan-pertanya an yang diajukan oleh anak berusia 5 tahun.

Jawaban keempat: Anak saya yang berusia 5 tahun suka belajar tentang penulis. Kalau ada buku yang ia sukai, kami akan mencari semua buku yang dikarang oleh penulis atau ilustrator yang sama. Seminggu sekali kami pergi ke perpustakaan. Jadwal mingguan kami yang lain adalah bermain rollerskate dan bertemu di taman dengan komunitas sekitar. Anak saya juga suka peralatan sains sederhana. Anak saya juga menyukai permainan: Uno, Sorry, Chess, Blokus, Jenga, Monoploy Jr, Clue, dan Mancala. Kami juga memasak bersama-sama. Anak saya bertanggung jawab atas hewan peliharaan kami dan dia juga bermain-main dengan lego. Saya memang menyediakan banyak lembar kerja (huruf, bunyi/phonics, matematika), tetapi saya tidak memaksa anak saya mengerjakannya.

Jawaban kelima: Saat anak saya berumur 5 tahun, yang kami lakukan tidak jauh-jauh dari makan, tidur, bermain, dan sebuah aktivitas besar (kelas, pergi ke taman, janjian bermain dengan teman). Ah, pergi untuk suatu keperluan juga termasuk di dalamnya. Saya biasanya menyediakan lembar kerja, buku puzzle, buku aktivitas, dll. untuk dikerjakan di dalam mobil. Jadi, saya dan anak saya sering berada di luar, bereksplorasi, bertemu dengan orang, mengunjungi tempat-tempat baru, dan berkat itulah anak saya mengerti tentang dunia tempat ia hidup. Anak saya juga mengikuti kelas untuk anak pra-sekolah seminggu sekali selama 2 jam. Selain itu kami menghadiri acara mendongeng, pergi ke tempat bermain, dll.

Jawaban keenam: Silakan baca kumpulan artikel di sini: http://besthomescho oling.org/ gateway/inted16. html. (df)

***
Kurikulum HS Untuk Anak 3 Tahun (dengan suntingan)
http://notesdina. wordpress. com/2009/ 05/26/kurikulum- hs-untuk- anak-3-tahun/ (versi lengkap)

Ala Mbak Cahyani, dari milis sekolahrumah. Mbak Cahyani menulis, ini program untuk 1 tahun ke depan, dalam kenyataannya tentu menyesuaikan dengan kemampuan anak.

1. AlQur'an: Menghafal Al-Fatihaah, Menghafal An-Naas, Mulai Iqro 1, Menghafal Al-Ikhlas, Iqro 2, Menghafal Al-Falaq

2. Membaca: Mengenal Alfabet, Merangkai suku kata, Membaca kata, Membaca kalimat

3. Matematika: Mengenal konsep jumlah, Menjumlah & Mengurangi, Mengenal simbol angka, Membaca jam, Mengenal nilai uang

4. Akhlak/Kebiasaan baik: Buang sampah di tempatnya, Baca Bismillah sblm makan, Merapikan setelah bermain, Baca doa tidur, Pamit sebelum pergi main, Baca doa pergi, Membantu ketika diminta/menawarkan bantuan

5. Kemandirian: Bisa tidur sendiri, Ke toilet & berpakaian sendiri, Makan sendiri, Bikin susu sendiri

6. Sosialisasi: Bilang "Terima kasih", "Maaf", "Tolong" (bersikap baik pada orang lain), Cium tangan pada orangtua, Ikut acara-acara pertemuan, Mengucapkan salam, Memperkenalkan diri sendiri (konsep AKU), Menjawab telepon dengan benar

7. Motorik halus: Mewarnai & Menggambar, Menggunting & mengelem, Menggambar bentuk khusus, Menulis

8. Aqidah: Mengenal Allah, Mengenal Rasulullah

9. Bahasa Inggris: Face, Body, Family, House

10. Konsep: Silsilah keluarga, Konsep pagi, siang, sore, Nama hari, Nama bulan

Pagi, siang, malam tahu, sore belum tahu. Nama hari dan bulan belum tahu.

11. Olahraga/motorik kasar: Berlari, Melempar & menendang bola, Lompat satu kaki, Berenang

Minggu, 11 Oktober 2009

Festival Indonesia Nagoya 2009

Selamat kepada Pak Agustan dan seluruh timnya yang telah sukses menyelenggarakan Festival Indonesia 2009, otsukaresamdeshita

Foto2
http://ppij-nagoya.org/zen/index.php?album=festival_2009

-to be updated-

Jumat, 09 Oktober 2009

A research by Christein Meindertsma: pig 05049: hundreds of item made from pig

Sudah bertahun-tahun denger bahwa produk dari babi bukan hanya ke makanan, tapi juga ke kosmetik dan lain-lain. Ke makanan pun bukan hanya berupa dagingnya, tapi jgua jelatinnya dan sebagainya. Tapi skr ternyata ada orang eropa yang beneran meneliti mengenai kemana larinya seluruh bagian tubuh babi sesudah dipotong, dialah Christein Meindertsma, yang menelusuri perginya seluruh bagian dari pig 05049! hasilnya temuannya dipamerkan di Rotterdam dan memenangkan Rotterdam Design Prize 2009.

site: www.christienmeindertsma.com

PIG 05049, a conversation with Christien Meindertsma


Christien Meindertsma is a designer with an investigative mind. She analyzes, surveys and in her latest project she went as far as dissecting a pig.

Over three years, the designer tracked the products made from parts or even tiny particles of pigs. Her quest led her to a tattoo artist, dentist, farmer and weapon specialist. She discovered that the skin, bones, meat, organs, blood, fat, brains, hoofs, hair and tail of the pig are used in no fewer than 187 products: shampoo, medicine, munitions, cardiac valves, matches, desserts and bubblegum, beer and lemonade, car paint and brake discs, pills, bread, etc.

After slaughter, bits and pieces of the Dutch pig travel around the world. Gelatin from its skin ends up in liquorices and gums, and even cheesecake and tiramisu. In the weapon industry the gelatin is used as conductor for bullets. Pork fat is one of the ingredients of, amongst others, anti-wrinkle cream and shampoo, information that producers are not too keen on admitting. The glue made from pig bones makes matches sturdier and porcelain is manufactured from its ashes. Protein from pig's hair contributes to making bread soft. Every part of a pig is either eaten or processed. Should anything be left over, it is converted into green electric power. She documented her findings in the book PIG 05049 (amazon UK and USA).

lengkapnya di:  http://www.we-make-money-not-art.com/archives/2008/08/christien-meindertsma-what-is.php