Selasa, 17 Februari 2009

SD Bhinneka Nagoya


Diprakarsai oleh Ibu-Ibu di Nagoya, dan Ibu Guru Murni, untuk memberikan wadah pendidikan Bahasa Indonesia didirikanlah SD Bhinneka pada awal tahun 2008 (maaf kalo salah ingat). rasanya awal pembicaraan itu akhir 2007, dan pasca kelahiran Akira, dimulailah kelas perdana SD-Bhinneka. Kelas di SD-Bhinneka dibagi menjadi 3 kelas, dengan nama pulau di Indonesia:
- Kelas Bali, untuk siswa TK Besar (6 tahun kalo disini) dan kelas 1, tekanannya belajar membaca
- Kelas Halmahera, untuk siswa kelas 2-3 SD
- Kelas Flores, untuk siswa kelas 4-6 SD

Pengajar di SD Bhinneka adalah sukarelawan Ibu-Ibu dan mahasiswa.
Aku mulai terlibat sejak Mei 2008, di kelas Flores, mengajar Matematika. Menyenangkan dan juga repot menjadi satu. Repot karena biasanya nyiapin bahan ngajar suka mepet-mepet karena prioritas nge-lab. Repot karena kelas Flores adalah kelas bersiswa paling banyak, dan paling hebohh, repot saat menjadi PJ pada saat bingung nyari guru pengganti, hehe.. Menyenangkan karena berinterakasi dengan anak-anak, dengan keingin tahuan yang besar. Senang pada saat anak-anak memperhatikan dengan seksama dan antusias bertanya dan mengerjakan soal. Menyenangkan karena ada suasana lain selain Kelas Seminar dan Lab (hehe), menyenangkan mendengar anak-anak berusaha berbicara bahasa Indonesia. Ya, anak-anak di Indonesia yang tinggal di Jepang memang lama-lama lebih banyak menggunakan Bahasa Jepang, termasuk jika bertemu temen Indonesia! Dan mereka ini cas cis cus bangetttt deh bicara bahasa Jepangnya.

Sabtu 14 Februari, dalam rangka, anak-anak SD Bhinneka foto bersama selepas kegiatan SD Bhinneka, Foto diambil dari Fotografer Dr. Wawan.

8 komentar:

  1. tanoshisou mba... sukses terus ya bu guru...

    BalasHapus
  2. Aduh..Rahma salut banget deh...masih bisa ngajar meskipun sibuk...Semoga selalu diberikan kesehatan ya Bu...Amin.

    BalasHapus
  3. horre..ada filzah...nggak nyambung deh..

    BalasHapus
  4. dari jam berapa sampe jam berapa, Mbak Rahma? dulu pernah baca tapi udah lupa :D

    BalasHapus
  5. Dari jam 15-16.30 kelasnya Mba, kemudian sholat Ashar bersama. Di Bulan Ramadhan, disusul buka bersama, rentang waktu pasca kelas dan buka digunakan untuk pengajaran iqra/quran dan cerita anak. Mungkin pernah baca di blognya Mba Devi ya? Beliau salah satu yang turut memprakarsai kegiatan ini.

    BalasHapus
  6. hihihi! Yup! Filzah Chan ikutan! Ummi nya masih lagi sholat deh kalau ngga salah ya?

    BalasHapus