Selasa, 21 Juli 2009

Gerhana Matahari-Solar Eclipse 22 Juli 2009


menyadari bentuk gerhana lama bener, hehe

Gerhana matahari terjadi ketika posisi Bulan terletak di antara Bumi dan Matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.

Hari ini, Rabu 22 juli 2009, kita dari nagoya dapat mengamati gerhana Matahari sekitar jam 10-11 pagi. Pagi ini, orang-orang di kampus berkerumun untuk mengamati fenomena langka ini, Alhamdulillah aku juga berkesempatan turut berpartisipiasi melihat gerhana matahari. Pengamatan dilakukan menggunakan beberapa cara.

Cara teraman, menggunakan teropong. Agak susah, tapi kemudian terlihat di lubang kecil itu di tengah gelap ada bentuk seperti bulan sabit, katanya itulah bagian matahari yang sedang tertutup oleh bulan. Ada juga yang merakit alat dari karton dll untuk melihat, tapi aku ngga ngerti cara liatnya hehe.. kemudian terlihat di kejauhan ada yang melihat dengan menggunakan alat seperti helm. ada juga yang menggunakan kertas filter, ada yang menggunakan kacamata hitam, dan karena berawan, banyak yang akhirnya melihat secara langsung *termasuk aku!* jangan diikuti dehh!! karena sehabis itu yang ada sakit mata.. Konon jika cerah, melihat gerhana matahari dengan mata telanjang dilarang karena dapat mengakibatkan kerusakan pada retina mata.

Ada juga yang berhasil menangkap gerhana ini dengan kamera, dan juga dicoba mengambil bayangan dari teropong, bisa terlihat cahaya matahari berbentuk bulan sabit karena tertutup bulan.

Inilah sedkita foto rekaman observasi hari ini. sayangnya ga bawa kamera, jadi semua dari foto HP.
foto yang bagus courtesy of Yamazaki-San (Terimakasih!)

5 komentar:

  1. sugoooi...subhanallah...
    sayang, saya tadi nglongok-nglongok, kayanya kurang sedikit lagi muncul...karena rasa bersalah telat kelas, masuk ke kelas akhirnya..:(( harusnya saya bisa lihat.. Salam kenal mba rahma :)

    BalasHapus
  2. aku lihattt langsungggg~ dr atap~!~~~~~
    tapi bentuknya cuma kaya mikazuki...
    :D anyway happy!~!!

    BalasHapus
  3. Kyoto mendung euy.. Lagian pas waktunya aku lagi ngelayapan, jadi gak sadar udah waktunya.. huhuuuu T-T

    BalasHapus