Rabu, 10 Februari 2010

full time mother & non full time mother

Hari ini baca tulisan dari seorang teman, bisa dbaca dsini
dan dbahas di sebuah milis.
judulnya:

Ibu Rumah Tangga=Pembokat?

saya termasuk yang mengerutkan kening dengan istilahnya, 
dan setuju full time mother jauh lebih indah,
secara BEDA dongggg
pembokat kan kerja ga perlu mikir, ya.. kasarnya lah.
full time mother selain mengerjakan ini itu, harus mikirrrr.. kreatif, mengatur strategi, perlu management rumah tangga yang hebat deh pokonya!

nahh, dari tulisannya,  saya terpikir paragraf yang:
Ada teman yang memilih keluar
dari pekerjaannya karena “terpaksa”. Ada teman yang memang
sukarela mengeluarkan dirinya dari pekerjaan terdahulunya.

dan sepertinya itu bener2 berpengaruh...
saya punya temen yang "terpaksa" keluar dari kerjanya
dia cukup dilema juga, suaminya melarangnya kerja setelah punya anak
sementara ibunya menginginkan dia kerja.
dia sendiri bukan tipe yang "rumahan".. 
  hmm.. saya ngga tau gimana membahasakannya
dan hal ini yang mulai sdkt saya pahami
kenapa bbrp Mba Mba, Ibu Ibu yang senior bilang
"orang seperti kamu mah baiknya sambil punya kegiatan"
 

sementara wanita2 lain yang berbakat jadi full time mother mungkin ga ngerti knp harus tetap kerja hehe

menurut saya sih lebih jauh lebih tough jadi full time mother hihi
soalnya kreatiftas dan kesabarannya bener2 harus luar biasaaa!!
apalagi kl ngga punya "asisten", harus cekatan dan energik
kayanya bener2 deh, angkat topi untuk para full time mother yang kreatif ini.

perbedaan 2 tipe ini
hal ini baru saya rasakan skr hihi
saya selalu nyari2 waktu jadi full time mother
soalnya Ibu saya full time mother.
sayangnya saya masih belum lulus jadi mahasiswa, dan harus dselesaikan sebagai bakti ke orang tua, suami dan anak2

ternyata saya bisa bertahan jadi full time mother hanya bbrp hari saja
sebelum kehabisan ide dan gatel nyari aktifitas lain :)

ternyata dg datang ke kampus bbrp hari dalam seminggu, bisa membuat saya punya waktu bernafas dan "charging"
*ternyata dengan 2 balita sibuk buanggeetttt deh jad full time mother*
pagi bangun, sarapan, mandi, beberes, nyuci2, jemur
aktifitas sm anak: main-main , gunting2, gambar, bikin2 sesuatu, main ke taman,
pulang udah harus masak untuk makan siang
dan biasanya tidur siangnya mundur kl di rumah, jadi tidur sore.
aktifitas anak lagi.
mainan semua keluar, sampai sulit menapakkan kaki.
kadang bikin kue atau agar2 atau lainnya bareng2 anak2, untuk snack sore.
ngga kerasa, waktu udah sore lagi, si bayi cape tidur.
mamahnya dah harus nyiapin makan malem.
makan, mandi, lipet baju bareng2, baca buku, tidurrr deh..
sibuk kannnn hehe  

Dengan anak2 bersekolah, kegiatan anak2 di sekolah seringkali *hampir selalu malah* memberikan ide2 untuk aktifitas di rumah,
dan begitulah,, caranya aku bisa balancing emosi dan kreatifitas
dan pastinya berlaku juga untuk wanita2 yang perlu menyalurkan potensinya, yang terkadang jatuh di luar rumah.
 
hal itu juga yang menghibur saat bbrp waktu lalu sempet stress dg kuliah
kadang iri jg ingin bisa full time student
tapi bbrp waktu terakhir, aku juga nyadar, kl ga punya kegatan lain full time student, bisa lebih stress lagi, ga balance hidup hahahha...

memang Allah itu bener-bener Maha Tahu,
apa yang Dia berikan, mesti yang Terbaik,
kita tinggal menjalaninya dengan baik.

Untuk tipe seperti aku,
jadi punya waktu belajar akademik,
belajar kehidupan, dari sekolah-sekolah di jepang, dari wanita2 Jepang, dan wanita2 Indonesia di Jepang..
aku bisa punya kesempatan membesarkan anak2 di Jepang
dengan biaya sehari2 dari beasiswa, yang tugasku adalah belajar!
biaya kesehatan anak 100 persen ditanggung asuransi
aku bebas ke dokter kapan saja, berkonsultasi, obat gratis, hingga opname dengan service yang luar biasa pun gratis!

Rahmat Allah mana yang bisa aku dustai,
sungguh, rahmat Allah begitu besarnya!!
-Ar Rahmaan.

intinya banyak2 bersyukur, ikhlas dalam menjalani hidup, kreatif dalam segala aktiftas, dan kerja keras!

sebuah catatan untukku, ganbare!

 


8 komentar:

  1. thank u rahma untk postingannya :)
    mengingatkan untk selalu bersyukur.. dan melihat sesuatu tdk dari satu sisi *hugs*

    BalasHapus
  2. Semua yang kita lakukan dalam hidup ini pasti ada untung dan konsekuensinya. Apalagi perempuan, dari dulu saya selalu berpendapat bahwa wanita tidak bisa menjejakkan kedua kakinya di tempat yang berbeda dalam waktu yang bersamaan. Hanya ketegaran kita dalam menyikapinya bisa meminimize konsekuensi itu. Tapi memang hidup harus balance dan full color hehehheh... jadi ingat, saya ke jepang mengikuti suami niatnya adalah bukan untuk mendampingi melainkan untuk memberikan stres bandingan....hahahaha.....

    BalasHapus
  3. jadi ingat musim lebaran lalu, saya sering merasa terganggu baca postingan status bbrp teman di Indonesia yg PRT-nya lagi pulkam, bbrp bilang lagi nge-babu, lagi jadi pembantu. hhmm...itu sih betul2 kasian, namanya ngga menghargai diri sendiri... akhirnya, betul...ikhlas mengerjakannya...itu yg paling penting! kalau engga, cuma dapat cape'nya aja dong, pahalanya mana???

    BalasHapus
  4. meskipun kadang capekknya ga keruan.... pengen nangis krn kow rasanya sibukkk bangett..... dan hidup kaya rally tapi gimana pun harus happy dan say thanks sama Allah.. mungkin kalau qta ga pernah ngerasain ngurus anak sambilan beraktifitas tanpa bantuan siapa2 (kecuali hoikuen hehehe), nantinya qta ga pernah tau gimana nyokap cape ngurusin qta, gimana nannynya anak2 atau maid qta sebenernya jenuh dng aktivitas monotonnya....

    BalasHapus
  5. ma kasih rahma...sudah diingatkan. kapan balik ke ina..kangen nihh

    BalasHapus
  6. Rahmaa..aku salut sama kamu,sama riela,sama temen2 yang katanya bukan full time mother krn disambi sekolah ato kerja,tapi tetep paciweuh dgn kerjaan rumah tangga.itu kan lbih beraaat..smangat ya bu rahmaa..smoga jd teladan bg anak2 rahma kelak..

    BalasHapus