Minggu, 07 Maret 2010

Pendidikan rumah untuk anak usia TK

Dari Mba Dina@milis Fahima (banyak paste dari Mba Dina nih, biar ga lupa, hehe.. yoroshiku) 

http://notesdina. wordpress. com/2009/ 12/04/kurikulum- hs-anak-usia- tk-2/

Panduan pendidikan rumah untuk anak usia TK. Diambil dari buku Learn at Home, Grade K (American Education Publishing). Terjemahan bebas oleh Dina Faoziah.

BAHASA

 Puisi dan Musik

Perkenalkan puisi kepada anak Anda. Perkenalkan rima dan kata-kata puitis. Ajak anak mendengarkan puisi, menyebut kata yang berima di dalam puisi tersebut, atau menyempurnakan puisi dengan kata berima. Anda juga bisa mengajaknya menulis puisi sederhana.

Cobalah menjadikan musik sebagai bagian kehidupan Anda sehari-hari. Ciptakanlah lagu atau gerakan untuk membantu anak Anda belajar suatu hal baru atau membantunya mengingat sesuatu yang telah ia pelajari. Musik juga bisa digunakan sebagai tanda perubahan kegiatan, waktu beristirahat, atau waktu makan kudapan. Pinjamlah CD musik dari perpustakaan setempat.

 Menyimak/Berbicara

Ajarilah anak Anda untuk menatap mata lawan bicara saat mengobrol. Sampaikanlah etiket yang benar, yakni menyimak baik-baik apa yang dikatakan lawan bicara. Juga etiket yang buruk, yakni berbicara dengan mulut penuh, menyela lawan bicara, dan menyelesaikan kalimat lawan bicara padahal tidak diminta. Anda juga harus menunjukkan contoh yang baik dengan cara mendengarkan ketika anak Anda berbicara.

 Mengikuti Petunjuk

Berilah 2-3 petunjuk mudah untuk dikerjakan anak Anda. Jika ia berhasil mengerjakannya, berilah 4 petunjuk. Mengikuti petunjuk memerlukan kemampuan menyimak. Jika anak Anda belum berhasil mengikuti petunjuk, pastikanlah bahwa perhatiannya tertuju kepada Anda. Petunjuk bisa disampaikan dalam berbagai wujud, misalnya gambar, sajak, atau lagu pendek. Masukkan kata-kata kunci ke dalamnya.

 Berpikir

Anak-anak menyukai teka-teki, lelucon, dan pelesetan. Mintalah anak Anda membuat cerita sendiri dan menceritakannya. Anda bisa merekamnya dengan video saat anak Anda bercerita. Anda juga bisa meminta anak Anda bercerita, sedangkan Anda yang menuliskannya. Lalu mintalah anak Anda membuat ilustrasi pada setiap halaman. Jadilah buku cerita!

MEMBACA

 Alfabet

Mengenali huruf kecil dan huruf besar. Anak Anda bisa berlatih menulis atau bermain mencocokkan huruf kecil dan huruf besar dengan lembar kerja atau alat bantu lainnya.

 Bunyi

Anda bisa membimbing anak Anda mengenali dan membedakan bunyi-bunyi pada huruf.

 Membacakan buku

Membacakan buku dengan suara keras kepada anak Anda akan memupuk keinginannya untuk belajar dan membaca. Ketika Anda membacakan sesuatu kepada anak Anda, sebenarnya Anda tengah mengembangkan kemampuan-kemampuan berikut pada anak Anda: menyimak, mengapresiasi bacaan, memahami, dan berpikir kritis.

MENYIMAK

 Apresiasi

Bacakanlah buku bab (chapter book) kepada anak Anda. Buku-buku ini merupakan contoh bacaan yang bagus dan bisa meningkatkan apresiasi anak Anda terhadap cerita yang ditulis dengan apik.

 Berpikir kritis

Anda bisa meminta anak Anda membuat akhir cerita dari cerita yang telah ia ketahui. Anda juga bisa meminta anak Anda menjadi “guru” dan menanyai Anda tentang apa yang telah dibaca bersama.

 Pemahaman

Saat membacakan cerita baru, sampaikan kepada anak Anda tentang topiknya. Hal ini membantu memfokuskan anak Anda pada kegiatan menyimak dan membantunya mengingat detail yang penting dari buku tersebut. Anda bisa menutup cerita dengan melontarkan pertanyaan yang amat sederhana tentang cerita tersebut. Bila perlu Anda bisa mengulangi membaca beberapa bagian atau halaman yang penting.

Anda bisa membantu anak Anda mengungkapkan apakah cerita yang baru saja dibacanya itu rekaan atau nyata. Anda bisa memberi contoh, misalnya “Anjing tidak menyetir” untuk kisah rekaan dan “Kita juga berbelanja” untuk kisah nyata.

MATEMATIKA

 Bentuk

Anak-anak melihat bentuk di lingkungan sekitarnya. Bantulah ia mengenali bentuk-bentuk dasar seperti lingkaran, bujur sangkar, persegi panjang, segitiga, dan bintang dari benda-benda yang ada di dalam rumah atau di luar rumah. Anak Anda akan menikmati penerapan konsep bentuk yang ia pelajari ini dalam berbagai cara.

 Angka

Bantulah anak Anda mengenali dan menghitung 1-100. Anak Anda juga bisa mempelajari bilangan tingkat, misalnya pertama sampai kesepuluh.

 Penambahan/Penguran gan

Anda bisa menggunakan benda-benda di sekitar untuk mengajarkan konsep penambahan/penguran gan kepada anak Anda.

 Urutan

Bantulah anak Anda memahami konsep urutan dengan mengaitkannya dengan pengalaman pribadinya. Misalnya, mengobrol tentang apa yang dialami anak Anda hari ini secara kronologis.

 Konsep Dasar

Konsep ruang, yakni “di samping”, “di belakang”, “di antara”, “di atas”, dan “di bawah” perlu dipupuk pada anak. Konsep ini berdasarkan pada bahasa. Anda bisa bermain posisi dengan anak Anda dengan bantuan benda lain dan memintanya menceritakan posisinya.

Sedangkan konsep kuantitatif, seperti “penuh”, “kosong”, “kurang”, dan “lebih”, berdasarkan pada matematika.

 Mengukur/Memperkira kan/Uang

Mungkin anak Anda telah memahami konsep “lebih/kurang”, “angka perkiraan”, dan “penuh”. Anda bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Saat berbelanja Anda bisa mengajak anak Anda ke rak buah dan mengamati buah-buahan yang ada di situ. Saat makan Anda bisa mengajak anak Anda mengamati makanan di dalam piringnya. Anda bisa mengenalkan uang kepada anak Anda. Anda bisa bermain menghitung uang bersama anak Anda dan memintanya “membeli” barang.

SAINS

 Mengamati

Anak Anda bisa belajar tentang benda-benda yang ada di sekitarnya. Anak Anda juga bisa memperhatikan perubahan pada benda/makhluk tertentu. Anda bisa memintanya menceritakan perbedaan di antara benda-benda yang ia amati.

 Membandingkan dan Mengklasifikasikan

Bantulah anak Anda mengembangkan kemampuan untuk mengamati kemiripan dan perbedaan pada benda-benda tertentu. Anda bisa melakukannya secara bertahap, pertama-tama kemiripan dan perbedaan yang kentara, selanjutnya yang lebih rumit. Mengklasifikasikan bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya, mintalah anak Anda mengategorikan benda-benda berdasarkan warna, lalu ukuran. Anda juga bisa meminta anak Anda mendaftar kemiripan dan perbedaan antara dua hewan peliharaan atau dua teman.

 Mempertanyakan/ Memprediksi

Saat anak Anda menanyakan sesuatu, Anda bisa membantunya menemukan jawaban dengan memberikan rujukan atau melontarkan pertanyaan yang berkaitan. Bantulah anak Anda menemukan hubungan antara penemu dan keberhasilan mereka. Bagaimana temuan mereka berpengaruh terhadap umat manusia?

 Menganalisa

Ajak anak Anda menganalisa hasil percobaan yang sederhana dan bimbinglah anak Anda ke kesimpulan dasar. Jika eksperimen tersebut membuat anak Anda bertanya lebih banyak, bantulah ia mendesain eksperimen baru untuk menjawab pertanyaan tersebut.

 Membuat Bagan/Grafik

Pencatatan dengan bagan/grafik merupakan alat analisa informasi yang menarik dan praktis. Anak Anda mungkin menikmati mencatat cuaca setiap hari atau membandingkan hasil percobaannya. Anda bisa membantu menuliskan informasi pada bagan/grafik sambil terus mendorong anak Anda menyediakan informasi atau mencoba menuliskannya sendiri.

STUDI SOSIAL

 Merawat Diri Sendiri

Perkenalkan konsep gizi seimbang kepada anak Anda. Bantulah anak Anda menentukan makanan (dan kudapan) yang baik untuk keseimbangan gizinya. Tanamkanlah kebiasaan hidup sehat sehingga anak Anda menyadari pentingnya menjaga kesehatan dirinya. Beritahulah bahwa anak Anda spesial bagi Anda.

 Berteman

Berikanlah contoh yang baik bagaimana berinteraksi dengan orang lain, baik dengan keluarga sendiri maupun dengan orang lain. Doronglah anak Anda untuk mengundang teman ke rumah. Ini merupakan kesempatan bagus untuk mempraktikkan kesopanan dan mengajarkan konsep berbagi. Anda bisa mengevaluasi dan (bila perlu) memperbaiki kekeliruan anak Anda.

 Kesopanan/Tanggung Jawab

Tunjukkanlah sikap yang baik agar anak Anda belajar dari Anda. Saat makan di meja makan bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengajarkan kesopanan, misalnya mengucapkan “tolong” dan “terima kasih”. Bantulah anak Anda menyadari bahwa semua orang punya tanggung jawab, baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain.

 Mencintai Bumi

Ajarilah anak Anda agar bertanggung jawab terhadap lingkungan alam. Doronglah anak Anda untuk berpartisipasi dalam aktivitas komunitas yang berfokus pada kecintaan alam. Diskusikan dengan anak Anda langkah-langkah yang dapat ia tempuh untuk mencintai bumi, seperti mendaur ulang benda, menjaga sumber daya alam, dan memunguti sampah.

 Anak-anak di Dunia

Bantulah anak Anda mengembangkan toleransi terhadap sesama manusia. Bacalah bahan tentang masyarakat di provinsi lain. Pelajari adat istiadat dan tradisi di negara lain. Sampaikanlah kepada anak Anda bahwa kita harus tetap menghormati orang lain walaupun penampilan atau kebiasaan mereka berbeda.

 Tokoh-tokoh Negara

Perkenalkan anak Anda kepada tokoh-tokoh ternama dan apa yang mereka lakukan. Melalui pengalaman para tokoh tersebut, anak Anda akan belajar bahwa masalah tidak selalu berujung pada kegagalan.

KEMAMPUAN MOTORIK KASAR DAN HALUS

 Melatih kemampuan motorik kasar

Anda bisa mengajak anak Anda berlari-lari, berenang, menari, dan olahraga atau gerakan apapun yang menggunakan otot besar. Anda bisa menggabungkan aktivitas ini dengan membaca puisi atau kegiatan lainnya. Berjalan-jalan di luar rumah pun bermanfaat untuk mengenalkan lingkungan kepada anak Anda.

 Melatih kemampuan motorik halus

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk melatih kemampuan motorik halus, misalnya menulis, memotong, melipat, dan menumpuk balok-balok mainan.

3 komentar:

  1. mbak, makasi ya infonya :)
    saya minta ijin copy-paste ya...

    BalasHapus
  2. silakan mba, saya juga dari copy paste :)

    BalasHapus
  3. wah artikelnya berguna banget.
    makasih info nya ya teh
    berguan buat yesha nanti klo udh mau PG :D

    BalasHapus