Selasa, 22 Juni 2010

Kujira Matsuri

Hari Sabtu, 19 Juni 2010, ada Kujira Matsuri, yaitu festival kelas Kujira yang diadakan oleh guru dan orang tua. Kelas Kujira adalah gabungan kelas nenchu dan nencho yang selevel dengan TK A dan TK B di Indonesia. Ini adalah Kujira Matsuri ke-2 bagi kami. *Yang tahun lalu ternyata ga dicatat :p *
 
Semua stand sama dengan tahun kemarin, yang dipegang masing-masing orang tua. Semua rasanya kebagian peran.

ada superball, permainan mengambil bola.


 Ada Kujira Tsuri, yaitu mancing ikan paus. Caranya, ikan paus dibuat dari kertas, kemudian dipasing klik di masing-masing gambar. Di ujung setiap pancingan, ada magnet, magnet ini harus di kenakan ke klip, agar menempel, kemudian dipancing deh ikan pausnya! di balik setiap ikan paus, tertera nomor box pengambilan hadiah.

 Aneka Stand makanan, yang gratis, anak yang sudah mengambil ditandai dengan stiker.

 Kobito Yashiki. Ini nih yang baru sejak tahun kemarin, dan yang paling heboh ^o^
tadinya mau buat Obake Yashiki, yaitu rumah hantu, menggantikan stand bowling tahun sebelumnya. Wah, kalau rumah hantu kan rahma ngebayangin Zahra ketakutan kali, ternyata beberapa Ibu yang lain juga punya feeling yang sama. Trus secara refleks rahma bilang kita bikin Obake Yashiki dengan karakter yang kawai aja! jadilah aku tergabung ke grup ini.
Orang tua kelasnya Zahra ini emang pada kreatif-kreatif banget, dan mau sibuk. dan entah gimana ceritanya, lahir lah ide Kobito Yashiki. Kobito ada kurcaci, tokoh mungil yang diambil dari alam, bisa dilihat di link ini.

Kobito Yashiki dibuat di salah kelas Zou gumi, atau kelas 2 tahun, kelasnya Akira sekarang. Di dalamnya kami hias dengan tema yang sedikit berbeda dengan tahun kamerin. Kalau tahun kemarin lebih gelap, dengan blok pemisah dari dus dan kain hitam, tahun ini dibuat lebih suasana hutan, dengan dus dan karton hijau. 

Pintu masuk dibuat pendek, dan ditaro semacam box seukuran box bayi, yang mana jalan masuknya harus masuk box ini, jadi harus merangkak dulu. Di taro lampu kerlap-kerlip di sekitarnya. Di dinding-dinding dus dan karton hijau ini dibuat pepohonan dari dus, lengkap dengan dedaunana. Kita bikin daun banyaaakkk banget, dengan aneka ukuran, di tempel di dinding-dinding dan sebagian disebar di lantai. juga ada aneka serangga, seperti kepik, siput, kecebong, dan sebagainya, yang biasa ditemui di hutan. Lampu ruangan ditutup kertas bening warna hijau tua, sehingga warna ruangan menjadi kehijauan. Seru deh! Akira ikut bantu nempel-nempel juga ^o^
kalau Zahra sih, pas persiapan Kobito yashiki ini, anak-anak Kujira Gumi pada masak di kelas. jadi surprise--! 

Detail tahun kemarin agak lupa :D yang jelas lebih kaya rumah hantu, tapi di dalamnya ada Kobito-Kobito sekitar 5-6 orang. dann di pintu keluar ada Kobito Ayah, yang stand by ngucapin "otsukaresama" "ganbatta ne" (selamat! hebat ya!) sambil ngasih hadiah berupa gantungan kunci kobito yang dibuat oleh Mamahnya Yuki Maru Kun. Tahun kemarin, ayahnya Zahra jadi Kobito Kusamadaraoo クサマダラオオコビト (gambar kanan)

Sedangkan tahun ini, karena ayah ke aceh, jadinya aku deh yang jadi kobitonya! Karena akan bersama Akira, jadi Aku mejeng di pintu masuk Kobito Yashiki, untuk ngajak anak-anak masuk ke dalam, nempel stiker di kartu stiker, dan ngontrol waktu. Masuknya per 2 anak, dan disela 1 menitan, biar ada jeda untuk para kobito di dalam. Ada sekitar 5-6 Kobito di dalamnya. Aku menjadi   リトルハナガシラ Kobito Little-hana-gashira (gambar kiri).



 


















Tokoh utama kali ini adalah イヤシミドリバネ  Kobito Iyashimodoribane. Tokoh ini dibuat 3 berderet, dan diterbangkan di atas ruangan, dengan alur diagonal. Wah Zahra seneng banget bisa nemu Iyashimidoribane terbang! "Iyashimodoribane miiitsuke!!"  

Anak-anak yang masuk biasanya terbagi 2 kategori: yang ketagihan dan yang nangis hehe.. *untungnya yang ketagihan lebih banyak :p yang nangis dan ga mau lagi ya anak2 seusia akira :D

Buat yang ketagihan, harus bersabar dulu memprioritaskan anak-anak yang belum masuk.
Dan untuk ronde pertama ini, cukup ketat jangka waktu dan jumlah anak yang masuk. Begitu semua kebagian, jadi lebih free :D bebas masuukkk.. hehe.. wah, jadi seru banget. Guru dan orang tua juga pada masuk. Termasuk 2 obachan ^o^

Zahra masuk 4 kali ke dalam. Akira juga sempat masuk, sama enin dan Zahra, tapi ketakutan sama "ulah" para kobito hehe. Jadinya keluar2 nangis deh langsung nyamperin mamahnya. tapi seneng banget waktu dikasih hadiah gantungan handuk yang bisa dipakai di kelas, dengan gambar kobito-nya mamah dan nama Akira tertera ^o^
Trus gimana kostumnya? ya bikin sendiri  plus ortu juga bikin serangga2 di dalam, dan dedaunan. Rahma kayanya kebagian yang paling mudah: bikin kecebong 15 buah. Kemudian dedauan yang super banyak dibuat di tempat bareng-bareng, jadi cepet. gunting, digambar batang daunnya, dan dilecekin biar terlihat lebih alami.

Cukup singkat waktu permainannya, 1 jam saja.
itu termasuk mendatangi stand-stand lainnya. 

Secara ringkas, ini jadwalnya:
jam 4-6 -- anak-anak Kujira Gumi masak di kelas, sementara itu, orang tua siap2.  
               Untuk Kobito Yashiki persiapan dimulai jam 2. dan jam stg 6 mulai ganti kostum dan make up.
Jam 6, anak-anak kujira gumi nyanyi dan nari "rokushoran"
kemudian mulai deh, sampe jam 7.15 (kira2). 
Ini awalnya Akira nempel terus sama Mamahnya, trus akhirnya mau deh sama enin, keliling stand. Akira paling seneng keliatannya Superball dan makan Mochi 

Jam stg 8 mulai makan malam: menu Kare bikinan anak-anak, onigiri, dan jus Ume, yang dipersiapkan anak-anak sejak satu bulan sebelumnya. Enak banget!
jam 8-an, beres-beres deh. ini khas di Jepang ya. Tertata waktunya, dan pasti beres-beres hingga kembali ke keadaan semula sebelum pulang.

Otsukaresamaaa--

ps. semua foto dari Mr Google.

5 komentar:

  1. kebayang lucu bgt acara kobito yashiki-nya, rahma pake kostum? fotonya mana? :D

    BalasHapus
  2. Wah! Mba Devi kecepetan liatnya heheheh.. tadi blm selesai, di tes dulu tampilannya ^o^
    Foto rahma nya mah hihihihihi.. malu ah! ya pokonya kaya gambarnya itu deh *gurai* :D

    BalasHapus
  3. asik yach kreatif-kreatif acaranya.... seru jadi pingin ikutan juga hehehe....

    BalasHapus
  4. ehemmm.... ehemmm.... akomodasi??? hihihihi.....

    BalasHapus