Rabu, 07 Juli 2010

Otsukaresama---!

Pertama kali tau kata ini, waktu ikut kelas Bahasa Jepang. Katanya kalau habis beraktifitas, orang jepang selalu mengatakan "Otsukaresama desu--" atau "Otsukaresamadeshita" 

Katanya sih ada akar dari "tsukareta, 疲れた” atau letih, cape (tired)
habis kerja, belajar atau aktifitas kan cape ^o^

Terjemahan bebas ala otak anak yang ngga berkamus dan tidak berbasic linguistic, kira2
"well done"
"cheers for the good work"
"sebuah penghargaan atas upaya yang kita lakukan"
(ini kl Mb Dina baca kali ketawa yah atas terjemahan bebasnya hihi..)

Trus waktu kenal sama Takumi San, mahasiswa B4 di Meidai, dia bilang
"Orang Jepang senang bilang "otsukaresamadeshita"
ummm.. emang sering buangettt sih denger itu, dan pasti deh! abis dari lab atau pulang dari meeting atau acara hoikuen, ngga lupa semua orang saling bilang otsukaresama deshita.

Sabtu malam, tanggal 26 Juni 2010, di tengah hujan yang cukup deras saat itu.. Ayah lagi ke aceh.. habis pergi sama Mamah dan anak2, Mamah bilang, ngga apa-apa pergi aja ke acara Okasankai お母さん会。 Malam itu ada dinner bersama ibu-ibu kelasnya Akira. Okaasankai ini menjadi ajang untuk silaturahmi dan kenal lebih dekat antara sesama Ibu sekelas.

Kali ini aku pergi sendiri, biasanya aku janjian dengan Mamahnya Teppei Kun. Setelah puter-puter nyari tempatnya, nelpon guru Akira yang bimbing jalan, akhirnya ketemu sama Mamahnya Airin Chan! Beliau nunjukkin tempat parkir, sambil berpayung, Payungnya agak kecil, dan angin membawa hujan turut membasahi bajunya.

Fiuh! Legaaa rasanya saat masuk ke restoran di kawasan gokiso itu.
dan begitu masuk ke dalam 1 ruangan tatami yang sudah diservasi, kami pun disambut dengan "Otsukaresamaa--" diiringi senyum ceria.

Wahhh,, ternyata baru datang juga disambutnya dengan Otsukaresama, bukan dengan Konbanwa (Selamat Malam)

Hujan yang mengiringi kami, terasa indah dengan kehangatan silaturahmi circle of mother ini, yang begitu menghargai langkah kita 

Otsukaresamaa---!

p.s. tulisan ini yang ingin ditulis sejak sabtu malam 26 juni itu akhirnya tertuang berkat tulisan Mb Selly dengan judul yang "sama", jadi reply panjangnya dituang disini ^o^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar