Rabu, 08 September 2010

Ramadhan ke-5 di Nagoya yang berkesan (1)

Ngga terasa pagi ini sudah pagi terakhir saur di bulan Ramadhan 1431H *Alhamdulillah terbangun saur*. Di pagi ini ingin flashback 1 bulan Ramadhan ini, yang alhamdulillah berkesan, semoga juga meninggalkan jejak di hati dan memori anak-anak.

1 bulan sebelum Ramadhan, alhamdulillah tamanquran KMI mengadakan summer camp anak-anak, dimana hari pertama diisi dengan kegiatan Sanlat. Tema Sanlat saat itu alaha menyambut Ramadhan. Sanlat ini keliatannya berbekas positif sekali ke anak-anak, termasuk Zahra, yang turut menanti datangnya Ramadhan *Walaupun pas Ramadhan datang, ngga mau puasa, "abisnya haus terus" hehe* maklum, Ramadhan kali ini jatuh pas musim panas di Nagoya.

Suhu musim panas di Nagoya berkisar 35-38 derajat Celcius, dengan kelembaban tinggi dan udara yang relatif kering. Teman-temen dari Jakarta sekalipun merasakan bahwa panasnya musim panas di Nagoya jauh lebih panas dari Jakarta. Beberapa media juga memberitakan kasus dehidrasi, hingga kematian akibat sengatnya matahari di musim panas ini. Fajar menyingsing pukul 3:34 di hari pertama, dan tenggelam pukul 18:49, durasi puasa sekitar 10 jam, atau 2 jam lebih lama dari Bandung.

Kekhawatiran datang sebelum Ramadhan, sempat puasa ganti saja sudah lemas sekali, saat itu ngga terbayankan puasa di musim panas. Tapi teman-teman di Eropa lebih panjang lagi. Jadi Bismillah saja. Ternyata, tidak seberat yang dibayangkan, mungkin itulah keberkahan bulan Ramadhan. syaratnya: ngga banyak keluyuran berpanas-panas yang terlalu lama di luar :)

Alhamdulillah tahun ini Akira sudah jauh lebih sehat, juga sudah memiliki mobil kecil sehingga mobilisasi lebih mudah. Alhamdulillah kali ini kami bisa menghadiri beberapa acara buka bersama serta beberapa kali ke mesjid.

Nambah kesan lagi karena merupakan ramadhan pertama di rumah baru di umemorizaka, dan baru dapet 2 tetangga sesama umemorizaka, ditambah kehangatan dari tetangga di umemori-sou - takabari, jadi bisa beberapa kali buka puasa bersama 

1 komentar:

  1. hem..kangen dengan suasana ramdahan seperti itu. di bekasi juga panas banget rahma..kalau keseringan di luar bisa pusing juga...tenggorokan juga kering banget. Jadi begitu buka langsung minum es buah 5 gelas he..hee

    BalasHapus