Rabu, 03 Agustus 2011

Catatan H-2: Munggahan dan Prakarya Ramadan

Munggahan. Sepertinya istilah sunda, dan mungkin kebudayaan di masyarakat sunda. Istilah yang digunakan untuk silaturhami menjelang bulan suci Ramadhan. H-2 jatuh pada hari Sabtu, 30 Juli 2011. Ada 2 acara di hari ini:
1. Lamaran adik bungsuku tersayang
2. Bhinneka: khusus kelas Bali dan Halmahera adalah mengenai Ramadan. Lalu setelah Bhinneka dilanjutkan dengan munggahan.

Hari ini kami berhasil skype dengan keluarga di Bandung, walau dengan sambungan yang putus sambung, dan rupanya banyak sekali saudara yang hadir. Jadi untuk pertama kali nya bisa skype dengan saudara-saudara! Kl kata Teh Tatiek "bisa ngeliat gambar bergerak" ^^. Seneng sekali bisa ngobrol walau sedikit-sedikit dengan banyak saudara sekaligus,  Bisa "ketemu" dengan sepupu2 dan ponakan-ponakan, yang udah pada besar-besar. dannn bisa ketemu dengan new-born Lana-chan, plus si kembar Dharma dan Dherma kun!  Bersyukur bisa turut ikut perkenalan keluarga mendengar sambutan dari calon Bapak mertua, yang sudah aku kenal, dan bisa mendengar sambutan dari Papah, sambil sesekali ikut senyam senyum :) dan bisa mengenal secara sedikit lebih "Life" dengan calonnya adik iparku ^^. 

Teknologi, dapat menghantar pada kehangatan silaturahmi tanpa kenal jarak 

Sore hari, kami berangkat ke Bhinneka, hari ini Zahra belajar mengenai Ramadan. Akira sempat ikut di kelas Tetehnya dulu, sebelum kemudian pindah ke kelasnya: Nias.
Cerita kelas Bali dan Halmahera di hari ini bisa dibaca di web bhinneka. Seringkali Zahra menjadi lebih termotivasi saat melihat temannya yang lain, atau saat belajar dari orang lain, seolah-olah mengkonfimasi apa yang dikatakan ibunya, he he.. Secara sederhana, anak-anak belajar apa yang harus dilakukan di bulan Ramadan, lalu membuat prakarya. Ini hasilnya Zahra:
Yang dilakukan setiap hari di bulan puasa:
1. Puasa
2. Sholat Tarawih
3. Baca Iqro
4. Sahur
5. Niat

Zahra menambahkan: がんばる,まいにち。Berusaha setiap hari!
Mamahnya sekalian ikutan bikin kalendar Ramadhan, yang dihias Zahra.
Hasil karyanya langsung ditempel di kamar Zahra pulang Bhineka 

Selesai Bhinneka, kami mengadakan munggahan, lengkap dengan makan potluck yang diatur, di taman perpus.



-Silaturahmi day 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar