Selasa, 27 Desember 2011

Kuliah 27-28 Des 2011


Senin dan Selasa 27-28 Desember 2011 alhamdulillah aku bisa bertemu kembali dengan Ando sensei, dan mengikuti sebagian kuliahnya yang diberikan untuk program training JICA di kampus. Prof. Ando ini dulu adalah Professor di Unversitas Nagoya, dan setelah pensiun tahun 2007, menjadi Professor di Universitas di Taiwan. Aku terkesan sekali dengan beliau, karena kebaikan dan perhatiannya pada mahasiswa. Aku pertama kali belajar mencari P-wave dan S-wave dengan beliau. Kemarin beliau memberikan materi mengenai crustal deformation, berbeda dengan tahun sebelumnya dimana beliau memberikan mengenai determinasi focal mechanisme. Aku jadi belajar lagi dasar-dasar (yang seringkali tidak lagi aku perhatikan), dan jadi bisa mendapat pencerahan. Selain itu aku juga berkesempatan berdiskusi mengenai riset dan paperku dengan beliau, dan mendapat ide baru untuk memperbaiki model yang telah aku kerjakan.

Sore hari, salah satu peserta JICA dari Indonesia berkata: "aku belajar dari Ando Sensei dan Kimata Sensei, kalau orang Jepang itu benar-benar mendalami bidang mereka ya. Kalau sudah meneliti satu hal, ya sampe tua diteliti terus, jadi benar-benar dalam." Yah, itu lah salah satu ciri khas orang Jepang, setia dengan bidangnya. Selain berwawasan luas, juga sangat dalam akn bidangnya.

Pak Sagiya, juga Ibu Terakawa, juga berpesan padaku, untuk terus melanjuti yang tengah aku rintis. Walaupun perlahan, tetapi maju. Pak Kimata juga selalu menyemangatiku, "you are still young, you have long journey and good future."
Jadi aku ngga boleh menyerah. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Penutup hari kemarin, aku ingin mengenang imel dari Ando Sensei:
Hi Hanifa,

Thank you for assisting the participants and me.
It's a great help. Hope you write a great research paper soon!

I am sending a jpg file of our today's group photo.
よい年をおむかえください。

Cheers,



Tidak ada komentar:

Posting Komentar