Selasa, 27 Januari 2009

Influenza

Influenza merupakan penyakit of this month.
Katanya musim winter begini, rawan influenza.
Dan Influenza ini mudah sekali menular.
Minggu kemarin, influenza masuk ke hoikuen anak,
dan bayiku yang baru recover dari NoroVirus, ikut terkena influenza ini.
Bahasa awamnya,, influenza adalah sejenis flu yang disertai demam tinggi,
dan badan juga sakit2. Demamnya pun membuat pasien sangat tidak nyaman.

Dari pengalaman guru hoikuen dan Ibu-Ibu di Nagoya (by Teh Nunun dan Teh Nining, 2009)
berikut tips untuk menghindari influenza:
1. Kl pulang dari luar, segera cuci tangan dan kumur2 (kumur2nya ini hingga ke tenggorokan, gargle istilah inggrisnya, ugai istilah jepangnya), suka sekalian cuci muka dan cuci kaki (wudlu la ya)
    Nah kl bayi kan blm bisa kumur2??? jadi ya at least cuci muka kali ya..
2. pake masker agar tidak tertular, dan kl sudah terkena, pake masker agar tidak menularkan ke yang lain
3. Usahakan perut anak slalu kenyang, maksudnya bukan berlebihan tp jangan telat makan. trutama pagi dan malam. Dan banyak minum.

Nah, kl di rumah sudah ada yang terkena influenza, berikut tips dari Teh Nunun (2009)
1. 'Pasien' diisolasi. Hehe kejem ya kesannya. Kalau ayahnya yg kena lebih mudah mengisolasinya malah dg senang hati mengisolasi diri ^-^. Tentunya cara ini memungkinkan utk yg rumahnya punya banyak ruangan.
2. Pakai masker. Kalau kasusnya seperti Filzah, gak mungkin Filzah yg dipakein masker, jadi yg pake masker angota kel yg sehat.
3. Pisah alat-alat makan, minum, lap tangan, cup kumur2. Soalnya kalau sedang sehat semua, saya sering pake gelas siapa aja yg ada di meja.
4. Tidak menghabiskan makanan 'pasien ' yg bersisa dg alasan mubadzir. Spy tdk banyak bersisa, beri makan dalam porsi sedikit-sedikit.
5.Sering-sering buka jendela utk pertukaran udara meskipun dingin.
 
Tambahannya,
kl sudah pada sehat,
sepre2 dicuci, selimut kl bisa dicuci, kl engga ya dijemur, futon (kasur ala jepang) dijemur

Kemudian, kapan perlu ke dokter?

Karena di hoikuen sudah ada yang terkena influenza,

begitu Akira panas, guru hoikuennya itu langsung menyarankan untuk ke dokter,

katanya kalau ternyata influenza itu sebaiknya segera ke dokter sebelum 48 jam demam, karena obatnya efektifnya sebelum 48 jam itu.

Obat sebenernya optional,

karena ini virus ya, jadi obat yang diberikan itu antivirus (apa ya lupa namanya, Tammil atau apa gitu). Efek sampingnya katanya ada beberapa anak yang jadi hyperaktif. Kemudian obat penurun panas penting selalu ada, soalnya kl influenza panasnya tinggi banget, bisa mengakbitkan convolusion katanya (ini maksudnya kejang2 bukan ya?), dan bisa mengakibatkna penyakit lain masuk, Kl udah komplikasi, taihen ya,,

Tanpa obat insyaAllah akan sembuh juga, dengan banyak istrihat, makan dan minum.
Dengan obat insyaAllah lebih cepet sembuhnya (iya lah! hehe, retoris banget)
Akira kemarin diberikan obat penurun panas saja,
secara tubuhnya ngga enak, Akira banyak menyusu dan banyak tidur,
alhamdulillah setelah 24 jam demam, kemudian berangsur membaik.

Mudah-mudah semua cepet sehat,
dan yang sehat tetep sehat,
aminnnnnnnnnnnnnn


7 komentar:

  1. makasih mba rahma, saya juga lagi kaze nih...hmm rasanya gak enak banget. Hehe maaf ya ngelongok tanpa permisi

    BalasHapus
  2. tahun ini muncul type influenzae baru, sblmnya type A, yg skrg banyak beredar adalah type E (lbh cepet menyebar). makanya bln nov lalu di kalangan RS, trmsk sy dan Afif, krn hoikuen Afif di dlm kampus kedokteran, diadakan vaksin utk virus influenza E ini. buat yg blm spt tips2 diatas sdh cukup, selain obat Tamiflu, yg plg penting adalah banyak mengkonsumsi makanan dan buah kaya vit A (utk meningkatkan kekebalan seluler kita). waduh jadi kaya kuliah niy... sekedar sharing aja mba, moga bermanfaat...

    BalasHapus
  3. assalamu alaikum rahma, senang ketemuan disini lagi.iya, konon flu itu tdk ada obat tokcernya, karena virus memang tidak mati. hanya lemah saja, dan menguat ketika daya tahan kita lemah. orang2 seperti kakek nenek kita pakai kunyit, makan sayur buah,dll. rahma juga psti sering dengar. kalau istilah teman kos saya dulu, makan banyak, minum banyak, tidur banyak, Sembuh! dgn izin Allah tentunya :)
    pet sembuh ya nak...

    BalasHapus
  4. Makasih banyakkkk Mba Rita, memang ini yang ditunggu2 nih, masukan dari Bu Dokter ^_^ oh gitu ya, jadi sekarang ada tipe baru lagi, waduh makin berkembang aja virus influenza ini. Di hoikuen, ada beberapa anak yang sudah divaksinasi influenza, tapi terkena juga, cuman mungkin ngga terlalu berat ya. Katanya sih pada influenza A anak2 di hoikuen anak2. Tes dokter nya juga influenza A dan B, ngga di-tes influenza E. hmm.. enak juga ya kl hoikuennya di dalem kampus kedokteran, penangannnya jadi lebih cepet kana.

    BalasHapus
  5. Mangga Mba, thanx ya dah mampir. Moga lekas sehat juga, aminn

    BalasHapus
  6. Teh Niken, waalaikumsalam! Iya! Sneng ketemuan lagi! Makasih ya Teteh share -nya. Jadi kunyit juga bagus ya?? iya sih, pernah denger2, tapi belum dipraktekan, Inget dulu mah suka minum jamu kunyit-kencur, hehe. Buah juga mau nyoba makan tiap hari deh, (masalahnya disini harga buah mahaaaalllllll,, tapi ya demi kesehatan)

    BalasHapus