Minggu, 29 November 2009

Tongseng Kambing


Description:
Pertama kali bikin tongseng kambing, dulu waktu kunjungan pertama kali ke rumah keluarganya Mas Endra di magelang pasca nikah, bantu Ibu masak. Tapi kalau praktek sendiri gagal mulu hehe.. dannn Ini pertama kalinya bikin tongseng kambing yang kata mas endra dan zahra enak, dan nambah makannya (hehe,, maaf jatah untuk pengajian jadi berkurang). Jadi resep dadakannya mau diabadikan, untuk taun depan :D
kalau untuk orang lain ngga tau ya.. hehe,, secara masakanku ga terlalu berbumbu dan biasanya lebih tidak asin dari masakan pada umumnya. Moga2 ada yang dateng pengajian pada suka, dan terpenuhi untuk 20 porsi-nya.

Tata cara bikin hari ini ga terlalu sesuai resep, jadi mestinya daging dimasukkan ke bumbu yang sedang ditumis, setelah matang baru ditambah air, katanya cara begitu akan lebih menghilangkan bau kambingnya. nah, aku malah rebus daging kambingnya dulu, baru sesudah mulai matang dimasukkan bumbu gule yang sudah ditumis. tapi alhamdulillah ga terlalu bau kambing, itu mah kayanya emang bawaan kambing sini meureun ya.
Kemudian hal lainnya, bumbu-bumbu disesuaikan dengan yang ada di rumah.

Resep dimodifikasi dari ajaran Ibu mertua, Mba Devi, Mba Via, dan kel jatmiko di http://bankresep.wordpress.com/2009/01/12/tongseng/


Ingredients:
- Ala Rahma, 2009.11.29 -
tanpa takaran hehe..

Bahan:
1 kg daging kambing, potong dadu
1 kol, diiris
minyak untuk menumis.
tomat, dibelah 4

Bumbu yang diiris:
Bawang bombay
Bawang merah

Bumbu yang dihaluskan (kalau aku diblender), dari bumbu yang sudah di-stok:
bawang bombay
bawang putih
kemiri
daun jeruk
daun salam
sereh
lengkuas

Bumbu bubuk/lain:
jintan
ketumbar
pala
garam
daun jeruk
daun salam
sereh

Pendukung lainnya:
kuah gulai bersantan
kecap manis

Directions:
# kali ini, masak daging kambingnya sekalian bikin gule kambing pas idul adha tanggal 27 nov kemarin, jadi rebus daging, setelah daging mulai matang, dimasukkan bumbu gulai yang sudah ditumis, dan dipresto (biar empuk untuk anak2).
Setelah dipresto, satu porsi makan diambil, dibanyakin kuahnya, ditambah santan. Kuah gule ini kemudian digunakan untuk kuahnya tongseng.

# Bumbu ditumis hingga harum, masukkan daging kambing yang sudah direbus tadi (tanpa kuahnya), aduk2 hingga semua terlumur bumbu, tunggu sebentar hingga kira2 bumbu cukup meresap ke daging kambingnya, masukkan kuah gulai.

# masukkan kol dan tomat yg sudah dipotong,

# selesai :D

sekali lagi, resep dimodifikasi dari ajaran Ibu mertua, Mba Devi, Mba Via, dan kel jatmiko resep asli diambil dari: http://bankresep.wordpress.com/2009/01/12/tongseng/

6 komentar:

  1. saya mah nunggu dimasakin rahma aja deeeh... :p

    BalasHapus
  2. hahah berani mur??? kan ga pake takaran, jadi pasti beda2 tiap kali masak, hihiihih

    BalasHapus
  3. iya nih, gak ada takarannya? hehe. tampilannya bikin ngiler deh. Rahma, suami Magelang sebelah mana? suamiku Magelang juga soalnya :).

    BalasHapus
  4. Wah ga nyangka bisa bikin tongseng kambing, ini masakan all time favorite nya Rieza niyh.. wajib berguru, hehehehhe

    BalasHapus
  5. heuheu.. pasti krn orang jawa yah ^o^
    tumis tumis aja vikkk minggu kmr jg baru bikin tongseng tp pake daging sapi

    BalasHapus