Rabu, 02 Desember 2009

Bayam; Spinach; Horenso ほれん草

Bayam Jepang, Antipenuaan dan Tangkal Kanker
Kompas. 30 Oktober 2009.
daun bayam
 
Jumat, 30 Oktober 2009 | 10:00 WIB

KOMPAS.com - Bayam berasal dari Amerika dan Selandia Baru. Di Eropa dan Australia, awalnya bayam adalah tanaman hias. Baru ditahun 1960-an penduduk Australia mulai melirik bayam sebagai bahan makanan.

Dua jenis bayam yang dikenal di Indonesia adalah bayam cabut/bayam sekul/bayam putih dan bayam tahun/bayam skop/bayam kakap. Bayam cabut disukai karena enak, lunak, memberikan rasa dingin di perut, dan melancarkan pembuangan kotoran. Bayam tahun memiliki ciri utama daun lebar.

Jenis bayam yang kini mulai dikenal adalah spinacia, yang hanya dimakan daunnya. Contoh spinacia adalah bayam Jepang atau lebih dikenal dengan sebutan "horenso." Bayam ini kini dapat ditemukan di berbagai supermarket di Indonesia. Pembudidayaan bayam ini umumnya dilakukan secara organik.

Seperti bayam umumnya, bayam Jepang kaya zat gizi. Zat gizi yang terkandung pada bayam adalah vitamin dan mineral. Vitamin yang banyak terkandung dalam bayam Jepang adalah vitamin K, A, C, B1, B2, B6, asam folat, dan vitamin E. Secangkir bayam rebus merupakan sumber mineral mangan, magnesium, besi, kalsium, kalium, tembaga, fosfor, dan seng.

Bayam merupakan sumber vitamin K yang baik. Vitamin ini berperan besar dalam pengaktifan banyak jenis protein yang terlibat dalam proses pembekuan darah. Vitamin K juga turut berperan dalam banyak proses yang terjadi pada tubuh.

Riset-riset terbaru menunjukkan vitamin K berperan sebagai antipenuaan yang lebih efektif dibandingkan dengan vitamin E. Vitamin K juga berperan dalam mencegah penyakit jantung dan stroke, karena dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah oleh timbunan plak kalsium.

Beberapa penelitian juga menunjukkan vitamin K dapat bertindak sebagai racun dalam sel-sel kanker, tetapi tidak membahayakan sel-sel yang sehat. Fungsi lain yang turut dilaporkan adalah dalam mencegah penyakit alzheimer, pengontrolan kadar gula darah, serta mencegah sitokin, pembawa pesan yang berperan dalam menyebabkan pembengkakan pada sambungan tulang saat penuaan terjadi.

Sayuran ini juga merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Selain berguna untuk organ penglihatan di malam hari, vitamin A juga bermanfaat untuk kekebalan tubuh, pembentukan serta pemeliharaan sel-sel kulit, saluran pencernaan, dan selaput kulit.

Bayam merupakan sumber zat besi yang baik, sehingga diperlukan oleh wanita, terutama pada saat menstruasi untuk mengganti darah yang hilang. Zat besi merupakan komponen yang penting dalam hemoglobin. Bagi anak-anak di masa pertumbuhan bayam sangat baik, apalagi yang menderita anemia.

Prof.Dr.Made Astawan, Ahli Teknologi Pangan Institut Pertanian Bogor

-------------------------

Awalnya baca milis Fahima, ada yang posting mengenai bayam,

beliau bahas juga cara masaknya (M. Dian, des 2009), sama seperti tips dari Teh Nunun, horenso direbus dulu sebentar, atau diseduh air panas, kemudian diperas, katanya hal ini untuk menghilangkan bau dari bayam (padahal kata saya sih ga bau, justru harum hehe)

Habis itu dapat dimasak-ditumis dengan soyu atau dashi (bubuk kaldu ikan), kalau Teh Nunun pake Tsuyu.

nah ternyata kalau mau bikin sayur bening itu pake-nya Salada Horenso サラダほれん草.

--------------------------

Waktu bayi, Sayur bayem ini makanan paling sering zahra kayanya hehe,, paling gampang dan sehat, sampa kalau ditanya sama orang `Zahra Makan apa?`

`Makan sayur bayem`  mau lagi makan apa juga, jawabnya sayur bayem hehe..

sekarang-sekarang lebih susah makan sayurnya, ngga tau kenapa, untung terbantu dengan sekolahnya

Akira juga waktu bayi hingga 1 tahunan termasuk sering makan sayur bayem, dicampur ikan teri yang katanya tinggi zat besi, untuk membantu anemia-nya. Tapi skr juga keliatannya lagi bosen makan sayur, hmmmm..

––––--------------––

Bicara soal sayur bayem juga mengingatku sama film Popeye. Popeye ini untuk jadi kuat pasti selalu ada persediaan se-kaleng spinach kayanya image bayam bener2 dibuat kuat.

*makanlah bayam!*

waktu aku SD dulu di perancis, bayam sering sekali disajikan di kantin saat makan siang kita makan siangnya di kantin sekolah, besaaarr semua anak2 satu SD makan siang di situ, makanan dari sekolah) Bayamnya aku selalu ingat, soalnya bayam disana dimasak Pure Bayam, kaya makanan bayi sih. Temen2 ku banyak yang ngga suka, jadi kalau datang menu Pure Bayam itu, semua udah mengernyitkan bibir hehe.. kalau aku sih suka2 aja :D *apa sih yang rahma ga suka, hihi* 

Di Indonesia kayanya jarang, atau hampir ga pernah liat Pure Bayam *jadi pengen nyoba bikin ,gimana ya* rasanya yang sekitar aku itu bayam ya disayur bening, pake jagung, atau wortel, atau kaldu ayam..

Kalau di Jepang, rasanya seringnya liat bayam ditumis, ya cara diatas itu, di rebus trus diperas, trus ditumis, dan ditaburi wijen.

Bayam oh Bayam


8 komentar:

  1. tfs mba. mau koreksi dikit. kanji sou nya tidak tepat yang benar 草 alias kanjinya rumput

    BalasHapus
  2. makasih!! barusan juga sambil beli horenso cross check kanji, ternyata salah heheh.. ternyata dah dikoreksi juga disini! makasih ya!

    BalasHapus
  3. hehe.... soalnya kalo kanji sou 荘 biasanya buat nama apartement. lucu juga kali ya kalo punya apartemen dinamain ほうれん荘 alias apartemennya si horen

    BalasHapus
  4. hahahah bener2. iya pak, apato-ku sou-nya gitu, jadi we refleks :D

    BalasHapus
  5. kmrn liat resep di tv.. shabu2 horenso yg kriuk2... pas dicobain enakkkk...

    BalasHapus
  6. mba rahma (salam kenal ya) hihi... saya bukan bapak-bapak nih. emang sih akunnya milik berdua sama suami. tapi kebanyakan saya yang pakai,
    melia

    BalasHapus
  7. ooo hihi,, abisnya Abangmei namanya :D salam kenal ya mba melia!

    BalasHapus