Senin, 04 Juli 2011

developing - developed

developing - developed
by my sister, Hudaini Rifa on Tuesday, July 5, 2011 at 8:37am

I am living in a developing country, not a developed one. Kalimat ini selalu muncul tiap saya merasa kecewa dgn negeri ini. Mulai dari hal yang kecil kayak diasepin knalpot motor pas saya naik angkot, sampai hal yang besar kayak kasus-kasus korupsi yang muncul di TV.
 
Beberapa bulan yang lalu, saya berkesempatan untuk liburan ke Jepang. Meskipun ga bisa bahasanya, tapi saya bisa menikmati jalan-jalan sendiri karena petunjuknya jelas dan lingkungannya nyaman. Jalan-jalan bersih, ga penuh mobil, dan ga banyak polusi. Orang-orang naik bis pada tempatnya, ngantri naiknya jg rapi. Fasilitas umum kayak toilet dan taman-taman kota terawat baik. Ga ada orang yang buang sampah sembarangan. Kalau mau buang barang-barang bekas orang malah harus bayar. Kalau naik kereta, mau tasnya kebuka lebar juga ga takut kecopetan saking amannya.
 
Beda sm kalo saya jalan-jalan di Jakarta. Ya iyalah ya. Tiap napas, rasanya saya nyium bau-bauan yang beda. Sekali napas, saya nyium knalpot kendaraan yang kalau lewat ninggalin awan hitam di belakangnya. Pas napas selanjutnya, yang kecium bau pesing. Kalau lewat sungai, kecium bau sampah. Trs bau makanan dari tukang jualan makanan di pinggir jalan. Haha. Tapi sebenarnya seru juga jalan-jalan di sini. Krn selalu ada yang ngehalangin jalan, jadi jalannya harus berlika-liku. Ngehindarin genangan air, penjual makanan (lagi), dan pot-pot tanaman besar. Saya ngerti sebenernya pemerintah bermaksud baik dgn menghias jalan dengan tanaman. Tapi, potnya ga proporsional dengan lebar jalan, jadi kalo lewat pot, berasa lg tes kelangsingan.
 
Kalo naik bis, naiknya di sembarang tempat dan bisnya ga bener2 berhenti. Bahaya bgt. Kecuali busway. Thanks to lantai busway yang tinggi, jadi emang ga ada pilihan lain selain naik dari halte. Kalau jalan-jalan, ga mau banyak2 minum, krn males ke toiletnya. Buang sampah sembarangan? Ga perlu usaha besar kalau mau nyari sampah di luar tempatnya. Jalan sambil merem pun nanti bakal ada sampah yg ketendang. Kalau naik kereta, tas harus dipeluk erat2 dan diliatin sepanjang jalan kalau ga mau tiba2 tas robek dan hp dompet ilang. Hmph.
 
Mungkin emang perbandingannya terlalu jauh. Kata orang, Jepang yang kebanyakan atheis malah lebih islami daripada orang Indonesia yang mayoritas Islam. Kapan ya Indonesia bisa jadi negara maju? Katanya Indonesia negara berkembang. Developing country. Tapi kok bentuknya continuous terus ya? Kapan bakal jadi bentuk lampaunya?
Saya yakin orang Indonesia sbnrnya banyak yang pinter. Banyak yg peduli dan pengen ngubah negerinya. Tapi kayaknya masih kalah sama orang2 yg cm peduli sama koceknya. Di mana-mana, di bidang apapun, sbnrnya pasti ada mekanisme yang udah dibentuk untuk mencapai tujuannya masing2. Tapi masalahnya, mekanisme2 itu butuh dana. Dan dananya entah dipake dgn bnr atau ngga.
 
Kejujuran. Dipikir2, masalah utama kita itu adalah krisis kejujuran. Coba liat, di sekolah, mulai dari SD, SMP, sampe SMA, bahkan kuliah, nyontek udah jadi hal yang membudaya dan mengakar. Jaraaang bgt ada orang yang jujur dan ngerjain ujiannya sendiri. Dan ini berlanjut ke korupsi nantinya. Korupsi uang dan waktu terutama. Saking hebatnya, orang yang ga korupsi yang justru akan tertekan di lingkungannya. Makanya kebanyakan orang-orang yg pinter dan jujur ini lebih memilih untuk hidup di luar negeri.
 
Tapi masalahnya, kalau semua yg jujur pergi, siapa lg yang mau membangun negeri ini? Saya tinggal di Indonesia dari kecil. Saya yakin ini tanggung jawab saya. Walaupun mungkin ga banyak yang bisa saya lakukan. Saya emang orang yang biasa2 aja. Ga terlalu pinter, ga terlalu bisa memimpin. Tapi saya yakin, kalau saya bisa jadi warga yang baik, ngejalanin profesi saya dgn ttp menjaga kejujuran, saya bisa jd satu bagian kecil yang berkontribusi  pd keberhasilan Indonesia saat mjd developed country nanti.
 
Developing – developed. One day.

7 komentar:

  1. klo novi pas mampir bentar ke jepang,bingung sm toiletnya.hahaha#katro pisan :p
    tp iya bersih dan petunjuk dimana2,jd ga bingung (eh bingung sih da pk huruf kanji ya/hehea)

    BalasHapus
  2. Siip mb. Sepakat ama semua yang ditulis, terlebih di paragraph terakhir dengan : 3M--nya. Mulai dari yang kecil, diri sendiri dan sekarang! Gambarimashooo!

    BalasHapus
  3. tulisannya adiknya menarik mba... memang kaya lingkaran setan problem di jakarta :( akhirnya ya 3M tadi... semoga dari situ sedikit2 bisa merubah jakarta dan indonesia pd umumnya aamiin

    BalasHapus
  4. bagusss tulisannya Ma.... saya ga nyerah.. tapi cari taktik gimana tetap bisa berkontribusi secara positif..!! ngomong2 Rahma apa kabar?

    BalasHapus
  5. iya..pengen jadi bagian dari perubahan itu.. pengen ikut bergerak me-majukan dari developing ke developed itu.. semoga bisa.. yuu..bareng rahma nanti kl dah beresss sekolahnya.. smangaaaaat

    BalasHapus
  6. yuuu ganbarou ^o^ makasih yaa.. semuanya..

    BalasHapus
  7. kayaknya tulisannya Rifa ini mewakili perasaan saya juga, hehehe... (yg setelah belajar development studies malah tambah puyeng :D )

    BalasHapus