Senin, 04 Juli 2011

Mahler マーラー @ 66th Concert of NCO

Di Nagoya, tahun 2011 ini rupanya sedang berlangsung Festival Mahler, yang bagiku namanya masih asing  salah satu grup yang turut meramaikan dan memainkan karya Mahler ini adalah Nagoya Citizen Orchestra (NCO), dimana sejak 2008 aku langganan selalu dateng di spring concert, karena partisipasi Reiko -san di situ, dan karena aku menikmati setiap konsernya 

Kali ini, aku hanya mendapat 1 tiket gratis, jadi ngga ngajak siapa2, selain sempat mengobrol dengan Miki-san yang suka banget musik klasik, dann menontonlah aku berdua dengan Miki-san  yang musisi banget, jadinya bisa belajar ^o^

Seperti biasa, konser diadakan di Aichi Art Center Concert Hall, di kawasan Oasis Sakae. Antrian menjelangnya dibuka nya hall concert sudah terlihat ngantri hingga berbentuk sedikit ular di lantai 1. Konsernya sendiri di lantai 2. Bayangannya, jarak lantai 1 dan lantai 2 tinggi sekali, setar 2 ruas escalator, masih ditambah ruas yang menanjak. Reiko san memang memberitahu kalau konser kali ini akan padat. Specialnya lagi, kali ini konser akan berjalan tanpa istirahat. Panjangnya konser mengurungkan niatku untuk mengajak Zahra. Sebagai gantinya, Zahra dan Akira diajak renang sama Ayahnya, di kala Mamahnya boleh nonton konser (arigatouu ayah)

Konser dibuka dengan Die Zauberflote Ouverture karya Mozart. Lalu dilanjutkan dengan Mahler Symphonie No.6, yang terdiri dari 4 bagian:
1. Allegro energico, ma non troppo Heftig, aber markig
2. Scherzo Wuchtig
3. Andante Moderato
4. Finale Allegro Moderato

Kali ini, aku melihat begitu banyak instrument musik! (dibandingkan konser NCO tahun-tahun sebelumnya), terutama di tambahan alat perkusinya. Seperti biasa ada alat2 gesek seperti Biola dan Violin (dalam bahasa indonesia sama atau beda ya? dalam bahasan jepang dibedakan), celo dsb, lalu alt tiup seperti klarinet, flute, trombone, dsb. Lalu ada 2 harpa, 1 piano/organ. Paling unikk, ada hamer! juga ada alat semacam sapu lidi. Yang ternyata merupakan kekhasan karya Mahler.

Jadi,, siapa kah Mahler?
Menurut Wikipedia, Gustav Mahler adalah musisi dari Austria di akhir abad 18, menjadi komposer dan juga salah satu konduktor terkemuka. Lengkapnya bisa dibaca langsung di Wiki, karena ngga bisa copas ke MP ini :)

Favoritku jatuh di Finale Allegro, mungkin karena semua alat musik terdenger begitu berharmoni. Ditambah kehadiran alat baru seperti hammer, yang dipukul 2 kali, benar-benar jadi ikut deg-degan, karena si pemegang memegang gagangnya di ujung, dan aku membayangkan saat jatuhnya hammer besar itu, mesti lah bertepatan waktunya! 
Lalu suara dari sejenis sapu lidi (ルーテ) bisa begitu berharmoni dengan alat-alat musik modern ini, padahal bunyinya persis seperti kalau kita memukul-mukulkan sapu lidi ke kasur. 
Kemudian ada juga bunyi dari sejenis bell, dalam bahasa katakananya カウベル。

Suara harpa yang seperti gemericik air juga begitu enak didengar. Aku baru menyadari juga kalau suara harpa di bagian bawah atau bagian yang terjauh, tidak "seindah" suara harpa dekat si pemegangnya :) 

Ternyata alat-alat yang ngga diduga, yang hadir dalam keseharian kita, namun ngga terbayangkan hadir dalam sebuah orkestra, bisa berharmoni dengan indah dengan alat musik lainnya. Kehadiran 3 alat perkusi ini yang membuat symphony menjadi begitu unik. Suara hammer yang dihentakkan bisa lebih keras dan tegas dibandingkan hentakan stik pada drum. 

Bagi yang ingin ikut menikmati, Symphoni no 6 Mahler yang dimainkan oleh Vienna Philharmonic disiarkan di youtube:


Catatan bagi yang mau nonton konser disini: ternyata ngga ada vending machine di gedung, pun begitu di Oasis. jadi harus masuk ke toko :) 
Plus.. kalau udah tau ngga ada rehat, recomended untuk makan siang dulu, biar perut ngga ikut bunyi bersama alunan musiknya ^o^

Selesai konser, nunggu Reiko san keluar sekitar setengah jam. pemain langsung ganti baju habis main. Panas dan keringetan dari lampu sorot, cape berbalur puas dan lega, apalagi tepuk tangan penonton lamaa sekali, mungkin 5 menit lebih, rasanya lebih lama dari tahun-tahun sebelumnya.
Ketemu Ibu reiko san, juga putri kecilnya, Tomoko chan.

Penutupnya, makan cake bersama Miki san. 
楽しかったです!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar