Senin, 27 September 2010

Ramadhan ke-5 di Nagoya yang berkesan (4): Ke Mesjid

Alhamdulillah setelah 2 ramadhan kemarin absen dari mesjid, ramadhan 1431 kali ini bisa beberapa kali buka dan taraweh di mesjid.

Mesjid Nagoya di honjin menyiapkan buka dan tajil setiap hari, kabarnya yang masak Imam mesjidnya, biasanya menunya Nasi biryani, dengan daging kambing dan salad. Bukanya dengan kurma dan buah-buahan.

Pertama kali akhirnya bisa ke mesjid, baru hari Selasa ke-2 ramadhan, di penghujung minggu ke-2 ramadhan, setelah 2 minggu pertama sibuk berkutat di kampus. Terimakasih untuk mba Via dan Mba icha  hari selasa ini, pas kebetulan hanya kami orang indonesia yang datang, ada 2 orang jepang dan 1 orang uganda. Semuanya baik, ramah dan welcome. salah satu obaachan jepang seru banget main sama zahra, alhamdulillah, anak-anak betah di mesjid, walaupun ribut bangettttt hehe,, ikut sholatnya pas sholat amgrib aja, sholat dengan tenang, sholat isya dan tarwaehnya mah, sambil sholat sambil lari-lari heuheu,, anak-anak.. 

Selasa itu, membuat kami ketagihan ke mesjid. hanya saja jarak tempuh yang 1 jam membuat kami selang seling ke mesjid, Hari Selasa dan atau Kamis. Hanya 5 kali kami bisa ke mesjid, 4 hari di hari biasa, dan 1 kali di hari minggu. Kami selalu bertemu 2 obachan muslimah jepang itu dan sahabat uganda. Tambah 1 muslimah jepang lagi, lalu juga kami bertemu sahabat dari malaysia, dan timur tengah, senang sekali rasanya. Zahra juga bermain dengan anak dari timur tengah -yang sayang ngga tau namanya-

Hari minggu bergiliran dari negara-negara muslim yang menyiapkan tajil. Indonesia bersama malaysia menyiapkan untuk hari minggu tanggal 29 agustus. Malaysia tajil, dan Indonesia makan utama: dengan menu nasi, ayam, balado kentang dan bihun goreng. Kali ini pertama kali ikut berpartisipasi, join-an dengan 2 tetanggaku :) Alhamdulillah ada kepuasan tersendiri, apalagi menunya "bisa dimakan" orang sahabat-sahabat negara lain :)

tikaf belum kami laksanakan di ramadhan ini, terlalu banyak pertimbangan anak-anak dan sekolah esok hari nya. Mudah-mudah masih diberi kesempatan bertemu dengan ramadhan berikutnya.. jika dipertemukan, semoga bisa lebih baik dari ramadhan ini, amiiiiiinnnnnnn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar