Senin, 15 Agustus 2011

Catatan H14: Pelangi Ramadan

Minggu 14 Ramadan ada pengajian dan buka bersama KMI/UMIN. Acaranya berlangsung lama sebenarnya, dari jam 10 hingga buka bersama.
Karena pagi masih ngurus persiapan konsumsi, siang jemput konsumsi, baru tiba di lokasi sekitar pukul 3. Saat masuk ruangan, Bapak-Bapak sedang sholat ashar berjamaah, di pojok sudha ditata lokasi untuk Kid Corner, yang kami buat atas kerjasama TQN-Bidmus dengan Bhinneka, untuk mengisi kegiatan anak-anak dengan kegiatan 

Zahra sudah duduk di area kid corner, karena semalam menginap di rumah Ne-chan, ikut sahur katanya, dan masih puasa, alhamdulillah :)

Pasca sholat ashar, Bapak2/para ikhwan duduk di sisi kanan, lalu dengan pembatas duduk di sisi kirinya ibu2/para akhwat, dan di sisi paling kiri tim konsumsi sigap dengan persiapan berbuka, di belakang ada kid corner, dimana aku dan anak-anak berada. Sembari mendengar ceramah dari Pa Ustzah Abas Mansur mengenai manajemen rumah tangga bahagia, aku mengajak anak-anak berkreasi.

Kid corner sore ini:
# Ide "just on time" dari Rini, Ibu Bidmus, adalah membuat prakarya yang akan ditempel di spanduk. Spanduknya berupa kertas poster besar. Prakarya bisa berupa origami maupun gambar. Pendamping kegiatan ini ada Mba Ulfah, Mba Vivi, Mba Novi, juga Teh Shanti, Mba Via dan Mba Nunung. 
Alhamdulillah anak-anak semua turut aktif berkreasi. Beberapa anak yang semula sibuk sendiri, maupun yang tadinya malu-malu, lambat laun bisa juga turut larut berkarya. 
Geng "beruburedo" pasca bikin prakarya dan puas sudah menempel hasilnya di spanduk, kembali ke beruburedo nya :) 
Anak-anak perempuan diseling dengan aktifitas mewarnai, menulis huruf hijaiyah, menyambung angka, dan mencari jalan di permainan maze. 
Pukul 5, secara bergantian anak-anak membaca Iqro. Beberapa juga mengambil inisiatif antri mau baca iqro, beberapa anak lain juga memilih baca iqro dengan ibu masing-masing :)
Pukul 6, semua prakarya selesai ditempelkan di spanduk, yang sambung menyambung menjadi 3 lembar, ditambah 1 lembar lagi, jadi total 4 lembar poster. Ceria, kreatif dan warna-warni sekali hasil karya anak-anak, Kami yang memikirkan judul, semula berpikir "Warna-warni Ramadan", lalu berakhir di "Pelangi Ramadan", didukung adanya gambar pelangi warna-warni karya salah satu anak :) 

Ini dia hasilnya:
(gambar close up pelangi ramadan, courtesy Mba Novi Irwan)

Selesai pasang spanduk, anak-anak berkerumun mendengar cerita dari Nunung Sensei :)

Tak terasa tiba waktu berbuka, anak-anak ceria semua :) semangat makan sop buah blewah. Lalu ikut sholat magrib berjamaah, dan kemudian makan soto ayam bandung. Alhamdulillah kegiatan hari ini berlangsung lancar, dan anak-anak tertib  Terimakasih semuanya.

Alhamdulillah hari ini adalah pertama kalinya Zahra berpuasa penuh mulai saur hingga margib. *Terimakasih Ne-chan, Bunda Via dan Yanda Ade*

Soto Ayam Bandung 
(aku kebagian bikin kuah/ayam soto bandung, plus telur rebus, seledri, lemon, dan nasi)

(Foto bersama Bapak-Bapak, foto: Bang Iru)
(Foto bersama Ibu dan Anak, foto: Bang Iru)

2 komentar:

  1. Rahmaaa..ini ami pake id-nya BERSALING.
    Seru ih acaranyaaaa... Spanduknya juga lucuuu...
    ayo maa..cerita lagii :D

    .yk.

    BalasHapus
  2. waaa keren Mi BERSALINGnya!!
    kalu cerita dikomen yaaaa hehehehhe
    Met ramadan Mi! goodluck ma BERSALINGnya yaa--!!

    BalasHapus