Rabu, 03 Agustus 2011

Catatan H2: Ke Mesjid

Pagi ini alhamdulillah Zahra berhasil saur! (hampir ding..) Ya!! harus menjadi catatan: anak ngga langsung bangun saat dibangunin. Jangankan anak, orang dewasa aja kadang perlu waktu dari mulai bangun membuka mata, hingga benar-benar mata terbuka dan hingga bada mau bergerak bangun :)  Aku juga bangun terlalu mepet waktu, jam 2:45 baru bangun! padahal subuh jam 3:22. Bangun langsung membangunkan Zahra dan Mas Endra, nyiapin saur, kare udon, karena ada request pengen mie berkuah. Selesai masak, zahra udah pindah ke sofa, masih gogoleran dan belum mau diajak makan. 
Saat mamah ayahnya sikat gigi dan beberes, rupanya Zahra diam-diam makan, dan engga boleh diliat! Alhamdulillah satu piring habis, dan juga minum susu. sikat gigi lalu ikut sholat subuh berjamaah. 
Targt puasa hari ini: 8 jam, hingga pukul 12:00.

Hari ini Zahra ikut mamah ayahnya ke kampus, sementara Akira hoikuen seperti biasanya. Di kampus main hitung2an, dan menggambar, sesekali main komputer. 
Pukul 12:00 tepat, buka puasa "yattaaa!" pasti ujarnya ^^.
Lalu puasa lagi hingga magrib.. eits, hampir ding. Karena sempat makan sepotong roti pukul 6 ^^.

Menjelang berangkat dari rumah tadi pagi, ayahnya ngajak ke mesjid sore nanti. 
Jam 18:30 kami tiba di mesjid, seperti tahun lalu, ada muslimah dari Africa, duduk di pojok shaf depan sisi kanan, sedang mengaji. Lalu datang 2 muslimah Jepang, yang seperti biasa, selalu mengisi mesjid. Lalu datang 1 keluarga jepang yang rupanya menikah dengan muslim indonesia. anaknya 3, yang 2 perempuan, dan yang kecil berusia 6 tahun, dekat dengan zahra. Aku mengeluarkan origami untuk anak-anak yang sudah mulai terasa semakin lapar. Ber-4 mereka bermain origami, hingga adzan dikumandangkan.

Menu berbuka di mesjid seperti tahun lalu, ada kurma dengan aneka buah segar. Kali ini ada Kue juga, serta sejenis gorengan. Setelah sholat magrib berjamaah, lalu makan berat. Menu nya nasi, ala nasi eropa, dengan masakan menyerupai rendang atau semur daging domba dan (sepertinya) sayur bayam, juga kacang. Alhamdulillah kali ini anak-anak suka dengan masakan di mesjid! aku yang khawatir sudah membelu onigiri jug auntuk jaga-jaga. Zahra suka sekali dengan dagingnya, sedangkan Akira suka sekali dengan kacangnya. Sayurnya empuk dan mudah dimakan.















































Selesai makan, aku turut cuci piring, sedang kan anak-anak langsung bermain. Kami lalu membaca iqro, bergilir Zahra dan Akira. Zahra membaca iqro 3, "3 halaman lagi iqor 4!" ujarnya bersemangat. sedikit-sedikit perlahan-perlahan, yang penting bisa maju :)  
Akira membaca iqro 1, hingga huruf JA. Seperti Tetehnya, Akira juga senangnya mengulang-ulang.

Anak-anak kembali bermain hingga adzan isha dikumandangkan. lebih banyak jemaah yang datang untuk sholat isha dan taraweh, ada Nunung, lalu ada 2 muslimah lainnya, sepertinya dari Malaysia, dan dari timur tengah/eropa timur.

Solat taraweh dilakukan per 2 rokaat. setelah 4 rokaat, diselingi dengan ceramah. Ceramahnya berisi keutamaan bulan ramadan, yang membuatku teringat dengan ceramah-ceramah di indonesia, pesannya sama. Sholat witir dilakukan 2-1, dan di 1 rakaat terakhir setelah rukuk ada doa.
Selesai jam 10, anak-anak masih ceria. Pulang ke rumah yang memakan waktu 1 jam. di tengah jalan, tertidur juga anak-anak.

2 komentar: