Jumat, 05 Agustus 2011

Catatan H3: Milad ke-8

Alhamdulillah, untuk pertama kalinya milad tanggal dimulainya bahtera rumah tangga ini jatuh pada bulan Ramadhan  walaupun ngga ada yang special juga, selain memanjatkan doa berharap keberkahan yang berlipat ganda, amiiinn..

Jadinya catatan ini untuk mengenang 8 ramadhan bersama Mas Endra..

Ramadhan pertama, tahun 2003.. hanya sedikit dilalui bersama, karena Mas Endra banyak kebagian tugas offshore,, dan dari hari yang sedikit ini alhamdulillah untuk pertama kali nya bisa mencoba ramadan bersama mertua! dan bisa menghafal surat bersama!  
Lebaran pertama pun ngga bareng, karena mas endra pas tugas kerja.. hehe walaupun melalui ramadan dan lebaran sebagaimana biasanya seperti tahun-tahun sebelumnya, tapi untuk pertama kali nya ada rasa kesepian juga ^o^

Ramadhan kedua, tahun 2004, aku lalui bersama zahra di perut!! ^o^ bonus didampingi mas endra, karena kehamilan yang bermasalah sejak 7 bulan,, plus bonus kelahiran Zahra tanggal 17 Ramadhan yang bisa dilalui bersama mas endra, mamah dan adik2.. bonus melaksanakan akekah, dan bonus lebaran pertama bersama mas endra  
sayangnya ramadan kali ini ngga puasa, karena kondisi kesehatan, kemudian karena nifas. untuk pertama kali membayar fidyah,, berupa sembako saat itu.. Alhamdulillah selama hamil bisa menamatkan quran, dan menamatkan quran saat ramadhan. itu terakhir kali nya aku membaca Al Quran dengan sangat konsisten dan akhirnya bisa baca sehari 1 juz sendiri. (sebelumnya baca 1 juz di bulan ramadhan ngikut bacaan papah ^^.) pasca tragedi lembaran quran terobek oleh zahra bayi, aku menghindari baca quran sambil gendong, yang ternyata menyusutkan bacaan >< apalagi sesudah bayi tambah besar itu tambah banyak pula kesibukan kita, dan harus selalu aware mengawasi!
Kenangan lucunya, tahun ini kami mulai mengontrak rumah,, dann aku mulai belajar "masak". tapi masakannya masih masak2an semua he he.. belum bisa berviariasi selain sop, tumis super gampang, dan goreng2an: tahu, tempe, dan ayam goreng (yang ayamnya udah diungkebin sama mamah hehe).. Kalau saur mesti masak sendiri, ya ga jauh dari itu,, kalau buka, bisa buka di luar ^^.

Ramadhan ketiga, tahun 2005, dilalui bersama zahra mungil! taun ini pun ngga banyak bersama mas endra, karena tugas offshore nya, namun alhamdulilahh bisa untuk pertama kali nya lebaran di magelang bersama mertua! bisa merasakan perbedaan budaya, yang ternyata lebih heboh di magelang ^^. Hari lebaran banyak anak2 kampung ngetuk dari rumah ke rumah, lucu banget, makan kue lebaran dari rumah ke rumah, sambil juga dikasih receh-receh yang mengukir senyum lebar :) banyak hiasan di sepanjang jalan juga! Dari magelang, baru menuju kuningan.. pertama kali merasakan lebaran seperti tante2ku, yang keluarganya lintas kota ^^.

Ramadhan keempat, tahun 2006, adalah ramadhan yang paling menguras air mata ^^. Di pertengahan ramadhan, aku berangkat ke Jepang untuk mengikuti program exchange student di Nagoya, untuk pertama kali nya berpisah jauhh dengan zahra-ku! *kl long distance sama mas endra sih udah biasa! hehe* pertama kalinya "sendiri" menjalani ramadhan, tapi pertama kali nya juga merasakan indahnya silaturahmi dari kawan-kawan indonesia di Nagoya, yang semuanya dalam rasa jauh dari sanak saudaranya, saling memberikan kehangatan untuk "saudara-saudara"nya disini.

Ramadhan kelima, tahun 2007, adalah bulan special, karena saat itu kami mendapat rejeki berangkat bersama ke jepang untuk menuntut ilmu. Saat itu kami tinggal di asrama kampus di kawasan Sakurayama, dan bisa banyak melewati hari-hari ramadhan bertiga, plus akira kecil di perut. walaupun, masaknya bikin bingung banget!! Kali ini juga taraweh hampir sepenuhnya berjamaah sama mas endra, rasanya ngga ke mesjid saat itu. Pasca sholat idul fitri yang jatuh hari sabtu saat itu, ada jamuan idul fitri di rumah Pa Irwan, yang benar-benar rame sekali!! bisa tetap menikmati lontong dan opor, rasanya luar biasa, secara berada di negeri orang ^o^

Ramadhan keenam, tahun 2008, pertama kali nya dilalui ber-4, bersama Akira-kun! dan masih dilalui di Nagoya, di apato super mungil kami di kawasan Kawana ^^ untuk pertama kalinya 1 bulan penuh dilalui bersama mas endra. Masak sedikit improve, walau variasi masih sangat sangat sedikit. dan untuk pertama kali "berani" mengundang teman untuk buka bersama di rumah. Dan juga beberapa turut berbuka puasa bersama di rumah teman maupun kegiatan KMI. 
Bulan ramadhan itu membawa kami sama2 kangen sekali dengan keluarga di bandung, magelang dan kuningan! dari 12 bulan, mungkin di bulan ramadhan lah kerinduan akan tanah air memuncak.

Ramadhan ketujuh, tahun 2009. Alhamdulillah! kami ada rejeki untuk pulang! 3 minggu terasa kilat sekali!! apalagi kalau pas ramadhan! Ramadhan ini, ponakanku damar dari adiknya mas endra lahir, tepat di hari kami landing di yogyakarta. Hari-hari pertama di magelang diisi dengan berkunjung ke RS tempat Damar berada, dan juga membantu Ibu menyiapkan makanan syukuran, yang ternyata dilakukan 2 kali: hari sesudah bayi lahir, dan saat akekahan. taraweh hampir setiap hari di mesjid dekat rumah, yag merupakan pengalaman unik bagi zahra. Lebaran ini adalah lebaran ke-2 dan terakhir dimana aku bisa silaturahmi dengan neneknya Mas Endra, yang hampir berusia 100 tahun.
Untuk pertama kalinya juga, bisa pasca lebaran dengan kedua orang tua di magelang!

Alhamdulillah dalam waktu singkat, kami bisa silaturahmi dengan keluarga besar utama, yang cukup besar jumlahnya. Masih bisa ketemu Aki Haji juga, ayahnya Mamah. 
Dan bisa ketemu beberapa sahabat ^^.

Ramadhan ketujuh, tahun 2010, masih di Nagoya, di apato Ken-jutaku kawasan Umemorizaka permai indah ^^. Lebih banyak buka bersama yang kami lalui, masak untuk mengenal sereh, daun salam, daun jeruk, dan kawan-kawannya, dan untuk pertama kalinya turut nyumbang masakan di acara buka bersama KMI dann saat lebaran!! Kenangan banget bikin opor bumbu sendiri untuk pertama kalinya!! Untuk pertama kalinya juga kami mencoba buka hingga tarwaeh di mesjid di hari biasa, yang ternyata bikin ketagihan! sayangnya ngga bisa setiap hari karena jarak tempuh 1 jam perjalanan dengan 2 krucil, cukup membuat lelah untuk keesokan harinya. Ramadhan 2010 ini walaupun tidak setiap hari, tapi aku bisa membuat sedikit catatan ^^, ada disini, dicatat dalam 5 tulisan.

Ramadhan kedelapan, tahun 2011, masih di Nagoya, masih di apato Ken-jutaka Umemorizaka indah permai, dan ternyata merupakan ramadhan ke-6 ku disini!! 
Ini resolusi sederhana kami:
- secara konsisten setiap hari mengajarkan puasa pada zahra, sedikit demi sedikit
- secara konsisten setiap hari mengaji, termasuk Zahra dan Akira juga, Zahra alhamdulillah hari kamis tgl 4 agustus tamat iqro 3, dan sekarang mulai masuk iqro 4, bismillah.. Akira di Iqro 1 huruf JA, mengulang-mengulang sampe lancar :)
- secara konsisten setiap hari sholat tarawih
- menghafal surat baru, dan juga untuk Zahra, setidaknya 1 surat.
- sesekali buka dan tarawih di mesjid.
- menanam bibit ^^.

Flash back Ramadhan ternyata jadi kentara apa yang berubah setiap tahunnya. Banyak yang bilang, kita belum tentu bisa silaturahmi dengan orang yang sama di ramadhan berikutnya, dan itu benar sekali.. 

Ya Allah, basahi lidah kami dengan mengingatMu selalu. Cerdaskan kami dalam mengajukan doa-doa kepada Engkau sesuai situasi dan kondisi kami masing-masing mengikuti teladan NabiMu Muhammad shollallahu ’alaih wa sallam. Ya Allah, berkahilah kami di bulan Ramadhan. Amin ya rabb...

6 komentar:

  1. selamat ulang tahun perkawinan Rahma... semoga makin banyak berkah untuk keluarga kecil bahagia Rahma dan Endra ;)

    BalasHapus
  2. Teh Rahma & Mas Endra, happy anniversary! Semoga keluarganya semakin barokah, ya.. Seneng banget baca-baca postingannya :) Peluk untuk Zahra & Akira!

    BalasHapus
  3. waaa.... happy anniversary ya, Ma... salam buat Mas Endra..

    Jadi inget.. pulang dari nikahan Rahma waktu itu pertama kali belajar nyetir mobil turun ke jalan. hahaha... berarti itu 8th yg lalu yaa..

    BalasHapus
  4. @ Mba Devii makasih yaa!! amin amin amin -maaff gmail talk nya ngga kebales

    BalasHapus
  5. @Desi, makasih yaaa!! amin amin hehe seneng juga ada yang seneng baca posting ga jelasnya hehe ^o^ peluk juga untuk Mentari!

    BalasHapus
  6. @ Murti makasih yaaaa!! hehe iya yah ga kerasa!!! rahma belum pernah disetirin murti deh rasanya hehe ^o^

    BalasHapus